Apakah Menulis Artikel Setiap Hari Dapat Membuat Blog Terkenal?

Bagi yang pertama kali terjun ke dunia blogging, pastilah akan mencari hal-hal apa saja yang perlu dilakukan jika ingin serius ngeblog. Ada banyak hal yang akan ditemukan jika kalian mencari point tersebut, salah satunya adalah konsisten menulis artikel.


Dibeberapa blog pasti kalian pernah membaca tentang kekonsisten menulis artikel adalah salah satu syarat dari kesuksesan blog, ya kan? Ada beberapa versi tentang pengertian konsisten dalam menulis artikel, antara lain :

  • Konsisten setiap hari menulis artikel. Artinya jika blog kalian masih baru, usahakan menulis blog itu satu hari satu artikel.
  • Konsisten menulis artikel setiap 2 hari sekali
  • Konsisten menulis artikel seminggu 3 kali
  • dll
Hal ini juga banyak ditanyakan oleh kalangan blogger pemula yang masih banyak keingintahuanya. Tujuan mereka bertanya tentang kekonsistenan menulis artikel memiliki tujuan yang beragam, ada yang bertanya hanya ingin mengetahui apakah dari konsisten menulis artikel dapat membuat blog cepat terkenal, ada juga yang bertanya apakah menulis artikel secara konsisten dapat cepat diterima Google Adsense, dll.

Sebenarnya semua itu ada hubungannya, baik dalam tujuan membuat blog terkenal ataupun tujuan menjadi publisher di Google Adsense.

Untuk membuat blog cepat terkenal apakah harus menulis artikel setiap hari?


Dari pengalaman saya sendiri selama ngeblog, saya berani jawab bahwa menulis artikel tidak harus dilakukan setiap hari.

Tapi sebentar dulu, jangan cepat mengambil kesimpulan tentang apa yang saya maksud dengan "tidak harus dilakukan setiap hari". Ada beberapa kategori blogger yang saya katakan tidak harus menulis artikel setiap hari, antara lain :

1. Blogger Pemula


Loh! bukannya mereka yang baru buat blog itu harus membuat artikel sebanyak-banyak nya ya, biar cepat terindex Google?

Bentar, jangan cepat-cepat menyimpulkan sesuatu dari kata-kata saya. Begini, yang saya sebut blogger sebagai blogger pemula adalah mereka yang baru buat blog sampai satu tahun kedepan (atau bolehlah 8bulan).

Updatelah artikel secara berkala, baik itu seminggu 2 kali, 3 kali atau 4 kali. Itu terserah kalian. Namun yang perlu diperhatikan ketika kalian baru selesai menulis artikel adalah :

Lakukan promosi 


Jika kalian tidak melakukan promosi setelah menulis artikel, itu sama saja artinya dengan NIHIL alias KOSONG. Kenapa saya katakan demikian? Karena tanpa melakukan promosi akan sangat sulit artikel kalian masuk radar Google Search Engine (akan terasa lama), karena belum banyak orang yang tahu tentang artikel baru kalian. 

Google akan menampilkan artikel kalian berdasarkan Keyword yang masuk dari mesin pencari dan disamakan dengan keyword yang ada di artikel kalian.

Namun ketika kalian melakukan promosi dengan tekun maka ada pelung yang lebih besar artikel kalian bisa masuk index Google, bahkan muncul di page one. Promosi bisa dilakukan melali share media sosial, blog walking, dllnya. Buat artikel kalian banyak ketahui oleh orang lain.

Review Artikel ( Optimasi Keyword)


Review disini maksudnya adalah, baca kembali artikel kalian, apakah sudah pas atau ada yang kurang. Meskipun artikel sudah di share dimana-mana, jika mengedit konten isinya saja tidak masalah, justru jika kalian mengoptimasi dengan beberapa keyword, kemungkinan artikel untuk muncul di page one Google semakin besar.

Sudah punya topik dan kerangka artikel


Maksud saya disini adalah menulislah artikel kalau kalian sudah punya topik yang pasti apa yang mau dibahas dalam artikel selanjutnya. Kerangka artikel maksudnya adalah kalian sudah punya point-point utama apa yang mau dibahas dalam artikel, tinggal nanti dirangkai menjadi sebuah kalimat.

Jangan hanya mengejar target satu hari satu artikel. Jika kalian memaksakan menulis tanpa adanya topik yang jelas, bisa dipastikan artikel kalian akan kurang bagus, bahasanya acak-acakan, kurang terstruktur, dll. Orang tidak akan tertarik membaca artikel yang seperti itu, maka dari itu persiapkan dulu topik dan kerangkanya, biar menulis terasa nikmat karna sudah banyak punya ide.

2. Blog dengan view masih rendah


Sebelum memasang target berapa artikel yang akan ditulis perbulannya, terlebih dahulu perhatikan view blog atau artikel kalian.

Jika artikelnya belum bagus atau masih rendah (Ukuran blog baru usia +- 7bulan, view mininal 200 - 300), jangan paksakan untuk menulis artikel terlalu sering. Kenapa demikian? Artikel-artikel kalian akan mengendap dibawah dan tidak tersentuh lagi.

Saya punya pengalaman seperti itu, yang saya focuskan adalah artikel, bukannya visitors. Karena itu saya hanya memasang target postingan tapi tidak menargetkan visitors dan optimasi artikel, ya jadinya artikel saya jadi sangat lama bisa dikenal orang atau masuk index Google.

Jadi pada point kedua ini, pasangkanlah target visitor perbulan dari pada postingan. Yang membuat blog kalian akan cepat masuk Google Search Engine adalah banyaknya visitors BUKAN dari banyaknya postingan artikel kalian.

3. Blog yang artikelnya belum masuk page pertama, kedua atau bahkan ketiga Google Search Engine


Jika blog kalian termasuk dalam point ini, maka saya sarankan lakukan optimasi dan promosi dahulu, jangan terlalu banyak memasang target postingan, tapi lakukanlah promosi  yang lebih giat lagi agar artikel kalian bisa masuk minimal di page dua atau tiga Google.

Ingat sekali lagi, kuantitas visitors itu lebih penting dari pada kuantitasi postingan. Usahakan kalian punya target sendiri untuk promosi untuk menjaring visitors.

Penutup


Disini saya tidak mengatakan bahwa menulis satu artikel dalam satu hari itu buruk atau tidak efektif, melainkan memberi pertimbangan berdasarkan pengalaman saya.

Jika blog kalian termasuk dari salah satu 3 point diatas, ada baiknya jangan terlalu tinggi memasang target postingan, tapi utamakanlah pasang target visitor dan promosi sebulan kedepannya.

Namun jika blog kalian tidak termasuk dari 3 point yang saya berikan, maka kalian boleh memasang target postingan, entah itu menulis setiap hari, dua kali seminggu, tiga kali seminggu, dan lainnya.

Semoga memberi inspirasi, mohon maaf jika ada yang kurang.

Komentar

  1. Hemm...

    1. Apakah artikel benar-benar mengendap? Tidak juga rasanya karena ternyata banyak artikel saya yang tidak pernah dipromosikan sama sekali justru menjadi salah satu pengundang pembaca. Hanya sebuah mitos standar dalam versi lain bahwa tanpa promosi sebuah blog akan menjadi seperti kuburan

    2. Tidak ada yang bisa mengharuskan blogger mau menulis tiap hari, 2 hari sekali, 10 hari sekali. Bahkan kalaupun dengan tujuan untuk menjadi sukses pun, tidak ada keharusan. Hanya biasanya para internet marketer atau blogger tutorial tentang blogging saja yang membuatnya menjadi sempit dan seakan menjadi keharusan. Kenyataan di lapangan, yang posting tiap hari jadi terkenal ada, yang gagal juga ada. Begitu sebaliknya. Banyak jalan menuju ke Roma. Tidak ada yang bisa memonopoli

    Dunia terlalu luas hanya untuk dimonopoli satu golongan saja. Kesuksesan bisa datang dengan berbagai cara.

    Itu saja pandangan saya mas..:-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas tambahan informasinya, yang saya tulis diatas itu berdasarkan pengalaman saya,

      dulu saya selalu update artikel (bisa dibilang artikelnya sudah banyak dalam waktu yang singkat), tapi hanya beberapa yang bisa masuk page one.

      Betul itu, sukses bisa datang dari berbagai cara dan pandangan mas, hehe

      Sukses selalu mas.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Likers Fans Page Banyak, Apakah Menjamin Penghasilan Blog Tinggi?

Cara Membuat Privacy Policy Blogspot

Cara Memasang Google Analytic Blogspot