Mengoptimalkan Blog Agar Cepat Masuk Page One Google

Tujuan setiap blogger pasti ingin blognya cepat masuk index Google atau cepat terdeteksi oleh Google Search Engine, terlebih lagi masuk ke page one Google (page pertama) pasti sudah menjadi cita-cita setiap insan blogger.

Pertanyaannya sekarang adalah apa yang harus dilakukan agar blog kita cepat terdeteksi Google Search Engine? Jawabannya ada banyak cara yang bisa dilakukan, tapi itu tergantung dari tepat atau tidaknya kalian melakukannya.


Sebagai gambaran, bagaimanakah caranya agar menjadi pintar? Jawabannya tentu dengan belajar. Tapi belajar yang seperti apa? apakah cukup hanya dengan mebaca buku dan menghapal? Tentu tidak, selain melakukan kedua hal tersebut, kalian juga harus sering berlatih soal-soal yang relevan dengan yang mau kalian pelajari. Hal itu dilakukan terus menerus, saya yakin kalian pasti akan pintar dibidang tertentu.

Sama halnya dengan optimasi blog, ada banyak hal yang harus dilakukan, mulai dari penulisan artikel, optomasi keyword, promosi, dllnya. Untuk itu pada artikel ini saya akan membahas beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengoptimalkan blog agar cepat masuk index Google.

Tulis artikel yang original dan berkualitas bagus


Agar dapat mengoptimasi blog, yang pertama pastilah kalian harus menulis artikel untuk blog kalian. Topik artikel yang ditulis bebas, apa saja boleh kalian tulis, tapi ada baiknya blog kalian hanya membahas satu topik saja.

Baca juga : Apakah Topik Blog Menentukan Kesuksesan Blog? Silakan Baca Ulasan Saya

Tulis artikel yang memiliki nilai yang bagus dan berbobot. Dalam artian begini, kalian bebas menulis artikel tetang apa, tapi usahakan dalam pembahasan dari artikel yang kalian posting isinya mendidik, memberikan informasi kepada pembaca, sehingga pembaca merasa apa yang dia cari ada di blog kalian.

Usahakan rajin mengupdate artikel (blog baru) atau update secara berkala (blog lama yang sudah memiliki sekian artikel). Lalu yang menjadi pertanyaan adalah apakah harus mengupdate artikel setiap hari seperti yang disampaikan dibanyak blog? Tidak bisakah mengupdate artikel 3 kali seminggu?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut saya harus membuatkan artikel khusu tentang perlu atau tidaknya menulis artikel sehari sekali (onprogress)

Optimasi Keyword pada judul dan konten (isi) artikel


Pada bagian ini, mau tidak mau saya harus bilang point ini sangat penting. Kalian harus menempatkan Keyword-keyword andalan yang sesuai dengan topik yang kalian bahas. Keyword yang akan kalian gunakan usahakan adalah keyword yang paling banyak dicari oleh visitor (tentunya keyword yang relevan dengan topik artikelnya).

Ada banyak cara yang bisa kalian gunakan untuk mencari keyword terbaik, silakan kalian searching di Google.

Tempatkan keyword adalah kalian di 3 (tiga) tempat berikut :
  1. Judul Artikel
  2. Permalinks
  3. Isi Artikel

Keyword pada Judul


Keyword pada judul artikel sangatlah penting, karena Google Search Engine juga sangat memperhitungkan keyword yang berasa dari Judul Artikel. Ada hal penting harus kalian lakukan dalam membuat judul artikel, yaitu jauhkan judul artikel dari kata-kata stoplist atau stopword.

Stopword atau stoplist adalah kata-kata yang sering muncul dalam artikel Bahasa Indonesia namun tidak memiliki makna yang dalam. Silakan searching untuk lebih dalamnya.

Keyword pada permalink


Keyword pada permalink adalah kata-kata yang terdapat pada link url postingan.  Contohnya url postingan dari blogspot htttp://namadomain.blogspot.com/2017/09/optimasi-blog-masuk-index-google.html sedangkan  pada wordpress https://namadomain.com/optimasi-blog-masuk-index-google/.

Nah optimasi-blog-masuk-index-google adalah permalink yang harus di setup dengan keyword yang tepat.

Gunakanlah keyowrd-keyword yang sudah kalian research sebelumnya. Sama halnya dengan keyword pada judul artikel, pada permalink hindari pemakaian kata-kata stopword atau stoplist.

Keyword pada isi artikel


Pada konten/isi artikel kalian harus menulis sedemikian rupa sehingga enak untuk dibaca dan membuat visitor menyaman saat membacanya.

Keywrod juga harus diterapkan pada konten artikel, tapi jangan kebanyakan sehingga menimbulkan kesan artikel kalian tidak berbobot dan tidak ada nilai yang ingin disampaikan.

Tempatkan keyword dibagian-bagian tertentu saja, jangan keseringan. Tetap focus pada isi konten, keyword hanya mengikuti.

Setelah selesai menulis artikel, baca kembali artikel yang akan kamu publish tersebut, jika alurnya sudah bagus dan enak dibaca, barulah artikel tersebut di publish.

Promosi artikel atau blog


Hal ini juga tidak kalah penting. Promosi akan mempercepat Artikel atau blog menjadi dikenal oleh orang banyak dan lebih cepat masuk Google Search Engine.

Ada banyak cara promosi yang dapat dilakukan, yaitu :
  • Share di media sosial (gratis)
  • Share di blog orang lain (tukar-tukan link)
  • Share di forum yang relevan dengan topik blog kalian.
  • Layanan berbayar seperti Google Adword, Facebook Ads, Twitter Ads, dllnya.
Lakukan secara berkala dan stabil, maka Google Search Engine akan lebih cepat menemukan keberadaan blog/artikel kalian.

Penutup


Itulah beberapa hal yang saya lakukan untuk mengoptimasi artikel yang baru (baru diposting). Dan hasilnya memang terlihat bagus. Lakukan terus menerus sehingga artikel kalian bisa jadi ranking 1 di page one Google.

Semoga artikel ini bermanfaat, Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Adsense Melayang (Floating dan Sticky Ads) Melanggar Kebijakan? Berikut Ulasannya

Likers Fans Page Banyak, Apakah Menjamin Penghasilan Blog Tinggi?

Cara Sukses Menjadi Publisher Google Adsense Tanpa SEO