Cara Sukses Menjadi Publisher Google Adsense Tanpa SEO

Jika kita lihat di forum-forum blogger banyak sekali pertanyaan tentang bagaimana cara sukses menjadi pusblisher Google Adsense. Tipe-tipe pertanyaan yang berkaitan dengan cara sukses menjadi publisher Google Adsense yang saya rangkum dari pertanyaan-pertanyaan di forum blogger adalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana cara agar biar banyak mendapatkan klik pada iklan Google Adsense?
  2. Bagaimana agar visitors mau meng-klik iklan Google Adsense kita?
  3. Bagaimana biar earning Google Adsense cepat naik?
  4. dan lainnya
Semua point diatas jika kita simpulkan mengacu pada satu topik yaitu "Bagaimana sukses menjadi publisher Google Adsense?", ya kan?

Ada bermacam variasi jawaban yang diberikan oleh anggota forum blogger tersebut, ada yang mengatakan : 
  1. perbanyak promosi
  2. Perbanyak konten artikel yang menarik
  3. Konsisten menulis artikel
  4. Sering-sering lah riset keyword
  5. Pelajari SEO 
  6. Dan lainnya
Memang benar apa yang disarankan oleh para anggota forum blogger tersebut, semua point tersebut sangat penting dalam meningkatkan penghasilan Google Adsense kita. 

Menurut saya (maaf jika salah), sebagian besar blogger sebenarnya sudah tau atau sudah mengenal point-point yang disarankan para anggota forum blogger tersebut, lalu kenapa masih ditanyakan juga?

Menurut saya (lagi), cakupan point-point tersebut sangat luas dan terasa berarti jika dilakukan (saya sendiri sudah mengalami). Apalagi ketika membuka tetang topik SEO, materinya suangat banyak, alhasil bingung mau menerapkan yang mana, karena faktor kemampuan niat, modal, usaha belum mencukupi ahaha

Haruskah Belajar SEO?


Menurut saya sih sebaiknya pelajari sedikit demi sedikit, tapi jangan dipaksakan. Belajar SEO itu perlu proses yang lama, kamu perlu punya pengalaman ngeblog yang lama biar paham tentang inti SEO, paham dalam artian kamu paham dengan sendirinya.

Sayapun demikian, jika ditanya tentang SEO, saya tidak akan mampu menjawabnya dengan detail karena memang tidak menggelutinya (Mereka berat kalau dipelajari dengan paksa)

Saya sendiri mempelajari SEO ketika mempunyai waktu luang, dalam artian saya tidak sedang mengoptimasi blog, menulis artikel atau lainnya. Cukup hanya baca-baca dari blogger yang memang punya kredibilitas tentang SEO (ex : panduanIM), yang mampu saya terapkan ya saya terapkan, jika berat untuk saya terapkan, saya simpan sebagai pengetahuan barang kali dikemudian hari bisa saya terapkan.

Mungkin ada pertanyaan dibenak teman-teman seperti berikut : Yang saya baca jika ingin sukses di intermet marketing (termasuk menjadi publisher Adsense) mempelajari SEO dan menerapkannya di blog adalah keharusan, namun jika sarannya seperti diatas tadi kapan suksesnya?

Tenang, tidak ada sukses yang instant. Setiap orang punya jalan sukses masing-masing. Ada banyak cara mencapai sukses dengan cara yang kita sukai, bukan terpaksa karena saran dari para blogger yang sudah sukses.


Cukup lakukan pertimbangan begini :

Dimana kalian merasa bisa maksimal melakukan sesuatu, maka lakukanlah, setidaknya kalian tetap melangkah meskipun masing kurang dari berbagai bidang.

Nah kekurang-kekurangan tersebut bisa kalian tambahkan nanti ketika sudah tidak ada lagi yang dilakukan, misalnya sedang tidak optimasi blog, tidak sedang menulis artikel, dan lainnya (intinya tidak ada kesibukan lain), sehingga kalian bisa focus memperbaiki kekurangan pada artikel atau blog kalian.

Hal itulah yang saya lakukan untuk blog utama saya, dan hasilnya dari minggu ke minggu earning selalu meningkat.

Intinya sabar dan tekun, setiap ketekukan yang dilakukan pasti akan menghasilkan peningkatan. Dibawah ini akan saya sampaikan pengalaman pribadi saya bagaimana mengoptimasi blog saya sehingga bisa dikatakan sukses meningkatkan earning Google Adsense.

Konsisten menulis artikel setiap harinya


Point ini mungkin bertentangan dengan artikel yang sudah saya posting sebelumnya, yaitu tentang apakah menulis artikel setiap hari dapat membuat blog terkenal? Sebenarnya point utamanya saya dengan artikel yang sekarang, tergantung dari sudut pandang kalian menilainya.

Mungkin ada juga yang bertanya seperti ini : Kenapa harus menulis artikel setiap hari, apakah tidak dibagi saja hari ini menulis artikel, besok promosi, besoknya lagi optimasi?

Ini adalah pengalaman pribadi dan menurut saya cara ini efektif menambah visitors di blog saya. Jadi begini, pokok utama atau hal akan kalian jual dari blog kalian adalah kontent/artikel, ya kan? (tergantung niche masing-masing). Jika blog kalian sedikit memiliki artikel, bisa dikatakan akan sulit mencapai page one dan mungkin visitorsnya tidak akan bertambah.

Untuk itu, agar memperbesar peluang visitors nambah di blog kalian, maka perbanyak artikel di blog kalian.

Artikel yang harus ditulis setiap hari blog berbeda (case : blog gado-gado)?


Itu tergantung tujuan blog kalian kemana, kalau yang kalian anggap blog gado-gado sebagai niche blog terbaik, silakan saja maksimalkan itu. Tapi sebagai bahan pertimbangan, silakan baca artikel dibawah ini :
  1. Cara tepat menentukan topik blog
  2. Apakah topik blog menentukan kesuksesan blog?
  3. Likes fans page banyak apakah menjamin kesuksesan blog?

Point-point diatas berkaitan dengan topik blog, silakan baca sebagai pengetahuan baru, namun jika dirasa kurang pas, feel free untuk diabaikan hehe


Jika saya setiap hari membuat artikel? Optimasi apakah yang harus saya lakukan dengan mudah didalam artikel saya?


Dengan mudah ya? Saya tidak tidak tahu parameter mudah itu seperti apa, kata mudah disetiap orang itu relative punya argument masing-masing. Well, jika seperti itu pertanyaannya, saya akan share apa yang telah saya lakukan dan menurut saya muda hal ini muda.

Persiapkan artikel yang akan diposting


Sebelum menulis artikel, terlebih dahulu persiapkan kerangka artikelnya, seperti tema artikel, kerangka kalimat, point-point yang ingin disampaikan didalam artikel.

Tujuan dengan mempersiapkan hal-hal tersebut adalah biar kalian mudah merangkai kalimat pada artikelnya, dan juga membuat artikel kalian berbobot atau punya nilai sendiri (tidak menulis asal-asalah biar tercapai target 1 hari satu artikel).

Setelah itu tulis artikelnya dengan tata bahasa yang bagus dan menarik ketika dibaca oleh visitors, artinya artikel kalian secara penyajian tidak membosankan.

Riset Keyword


Lah lagi-lagi ini sarannya, saya pernah baca cara riset keyword itu lumayan susah dan ribet, saya tidak mau ribet-ribet dulu! Ada yang punya keluhan gitu? ahahaha

Ya saya tahu riset keyword itu ribet, tapi disini akan saya share cara paling mudah dan sederhana, tidak perlu ribet-ribet.

1. Gunakan website https://keywordtool.io/

Silakan buka laman website tersebut, disana kalian bisa mengetik keyword yang kalian inginkan setelah itu kalian lihat keyword yang kira-kira paling sering digunakan. Lihat Gambar dibawah ini :

Result keywordtool

Jika menggunakan tools tersebut, kalian hanya bisa melihat keyword-keywordnya saja, tanpa bisa melihat search volume dan CPC nya. Jika ingin full service silakan gunakan yang premium.

Tapi hasil dari versi gratisnya saja saya rasa sudah bisa menentukan keyword yang terbaik. Seperti contoh diatas saya cek keyword "menjadi publisher adsense" dan hasilnya ada banyak keyword yang mirip, tinggal saya sesuaikan keyword yang tampil di artikel saya, jadi deh, tidak perlu repot2 kan?

2.  Gunakan Search Engine Google

Cara ini saya kira juga mudah, tidak perlu report-repot harus ini dan itu, cukup dengan menuliskan keyword artikel, maka Google akan memberikan saran-saran keyword yang populer dicari, lihat gambar dibawah ini :

Result Google Search Engine

Dua cara riset keyword diatas adalah yang paling sering saya gunakan, dan hasilnya juga tidak mengecewakan kok. Namun agar lebih maksimal lakukan juga point dibawah ini

Optimasi artikel yang sudah diposting


Maksud dari optimasi artikel yang sudah diposting adalah, kalian edit atau perbaiki yang kurang diartikel tersebut.

Pengalaman saya sendiri, ketika artikel tersebut sudah terposting selama 5 hari atau seminggu, pasti saya cek lagi di google dengan mengetikan keyword yang saya pasang diartikel, jika dirasa kurang maksimal keyword nya sehingga susah ditemukan Google, saya perbaiki lagi artikelnya. Optimasi keyword saya lakukan dengan bantuan plugin Yoast SEO. hehe

Yah pake wordpress, pantesan gampang optimasi keyword! Eh tunggu dulu, alesan saya pindah ke wordpress bukan karna itu aja, saya pindah ke wordpress hanya untuk jaga-jaga takut blog saya di delete oleh Google tanpa pemberitahuan (soalnya artikelnya sudah banyak, kalo sampe di delete bisa nangis saya nanti) haha

Dan itu juga nunggu gajihan pertama dari Google Adsense biar ada modal untuk beli hosting :D, kalo gak gitu mana mungkin saya bisa beli hosting, agak lumayan harganya hehe.

Apakah point-point diatas menjamin earning Google Adsensenya bakalan nambah?

Bisa saya katakan menjamin. Karna sampai saat ini juga saya sedang mempraktekannya di blog saya yang kedua (bukan blog utama). Dan memang meskipun tanpa klik, earning Google Adsense saya dari hari ke hari memang selalu ada. Lihat gambar dibawah ini :

Earning today

Gambar diatas adalah tampilan earning Google Adsense di blog saya yang kedua, tanpa klik saya sudah mendapatkan earning IDR 172 hanya dari 163 views. Bisa dibayangkan jika viewnya mencapai 3000 views. berapa earning yang akan saya dapatkan (meskipun tanpa klik)?

Kemarin ada klik sekali dan hasil earning nya IDR 3,9K. Masing kecil-kecil ya :(( ahahaha . Tak apalah ini kan masih dalam proses membangun, wong artikelnya juga baru 30 biji. ahaha

Nah itulah strategi yang saya gunakan untuk meningkatkan earning Google Adsense. Lupakan dulu tentang klik, focuslah pada pageviews.

Dengan pageviews yang banyak akan menambah pula earning Google Adsense dan tidak menutup kemungkinan juga akan adanya klik yang banyak.

Jadi sekarang tergantung kalian, mau cara yang seperti apa yang kalian perbuat untuk meningkatkan earning di Google Adsense, boleh pake cara saya, boleh pake cara orang lain juga.

Tapi intinya sabar dan  tetap berusaha maksimal agar hasilnya juga maksimal. Semoga sukses.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Likers Fans Page Banyak, Apakah Menjamin Penghasilan Blog Tinggi?

Cara Membuat Privacy Policy Blogspot

Cara Memasang Google Analytic Blogspot