Likers Fans Page Banyak, Apakah Menjamin Penghasilan Blog Tinggi?

Tidak bisa dipungkiri jika facebook merupakan penghasil traffic terbesar kategori sosial media. Dan yang kedua di mesin pencari setelah Google.


Hal itu dapat kita lihat dari para blogger pasti selalu menampilkan fans page blog mereka di widget masing-masing. Kenapa demikian? Karena mereka beranggapan jika likes di fans page mereka banyak, maka akan lebih gampang untuk mendapatkan traffic tinggi kujungan ke blog/websitenya.

Kenapa saya bisa bilang demikian? 


Menurut survey yang pernah saya baca (saya lupa namanya maskapai surveynya), Facebook merupakan situs paling sering dibuka (selain Google dan Youtube). Otomatis, hal itu menjadi peluang kita mendapat traffic lebih banyak lagi.

Maka tidak salah jika orang-orang yang punya bisnis (atau blogger) tertentu berharap mendapatkan likers yang banyak di fanspagenya.

Dengan banyaknya traffic yang didapat, akan membuat peluang blog tersebut memiliki penghasilan tinggi lebih besar lagi.

Apa korelasi antara traffic dan penghasilan besar di blog?


Sudah menjadi rahasia umum, orang terjun kedunia blogging sebagian besar pasti ingin mendapatkan penghasilan, baik itu dari iklan, jasa ataupun product.

Jika orang itu bergelut dibidang periklanan seperti menjadi publisher Google Adsense maka dengan traffic yang tinggi datang mengunjungi blognya, maka peluang klik akan menjadi lebih besar, dan dengan banyaknya klik pada iklan, otomatis penghasilan blog tersebut meningkat

Mereka yang bergelut dibidang product dan jasa, dengan adanya banyak visitor yang datang, maka akan lebih mudah menginformasikan tentang keunggulan product atau jasa yang ditawarkan melalui setiap postingan blog tersebut.

Lalu apakah mudah mendapatkan likes sebanyak yang diharapkan?


Mungkin bisa saja kalian mampu mendapatkan likers yang banyak, namun butuh perjuangan yang keras dan waktu yang lama.

Dari 100 orang yang berkunjung ke blog kalian, mungkin yang langsung me-like fans page hanya 1-3 orang.

Ada beberapa kriteria orang langsung me-like fans page blog kalian, antara lain :
  1. Visitor sangat menyukai konten yang ada pada blog kalian
  2. Visitor seorang blogger pemula dan kebetulan memiliki minat yang sama dengan topik pada blog kalian
  3. Visitor suka dengan materi yang kalian posting di blog
  4. Memiliki rencana bisnis, permasalahan, ataupun kegiatan (yang sedang dikerjakan) sesuai dengan yang kalian posting (kebanyakan artikel)
  5. dll
Kategori orang/visitor tidak me-like fanspage kalian :
  1. Yang pasti kebalikan dari kriteria diatas
  2. Sekedar lewat / blog walking. 
  3. dll
Jadi itu tergantung konten dan target visitor kalian, jika visitor yang datang tepat sasaran, maka peluang like semakin besar.

Apakah likers banyak menjamin penghasil banyak juga (studi kasus : menjadi publisher Google Adsense)?


Dari pengalaman sendiri sebagai blogger dan sebagai visitor, dapat saya katakan tidak menjamin. Kenapa saya bisa katakan demikian?

Jika likers adalah orang yang sesuai target, otomatis setiap postingan kita yang terbaru (yang kita posting di fans page), besar peluangnya untuk dilihat langsung di blog (untuk melanjutkan membaca). Dengan dibukanya blog kita, maka peluang klik di iklan pasti ada dong kan?

Nah jika para likers itu tidak sesuai target (ngelike hanya karna timbal balik, ajakan, paksaan, dll), maka saya berani katakan sedikit peluangnya orang tersebut akan membaca artikel kita diblog (meskipun dia melihat postingan di fans page kita).

Mungkin akan ada beberapa yang membuka link yang kalian posting, tapi perbandingannya sangat kecil.

Sebagai contoh :

Jika likers fans page kalian adalah orang seorang yang kuliah di jurusan Teknik Mesin, sedangkan tema blog kalian adalah tentang Blogging, Tips and Trick blogging, maka akan kecil kemungkinan orang tersebut akan sering mengunjungi blog kalian.
Bayangkan saja, orang yang jurusan Teknik Mesin tersebut melihat postingan "Cara membuat widget melayang di blogspot", berapa peluangnya dia akan mengklik tautan tersebut?
Bandingkan dengan orang yang memang sedang mencari penghasilan tambahan melalui blogging, tiba-tiba melihat postingan fans page kalian "Ingin sukses di internet, Focuslah Terhadap Hal Ini". Berapa peluang orang tersebut akan mengklik tautan kalian?

Intinya likers harus memiliki minat yang sama seperti topik pada blog kalian.

Lalu bagaimana mendapatkan liker yang minatnya sesuai dengan tema blog kita?


Perbanyak konten blog kalian dan usahakan kontentnya berkualitas sehingga pembaca yang memiliki minat yang sama langsung me like fans page kalian

Cara praktisnya, gunakan Facebook Ads. Namun menggunakan jasa Facebook Ads kalian harus melakukan pembayaran ke Facebook.

Dengan menggunakan layanan Facebook Ads maka postingan fans page kalian akan bisa dilihat langsung oleh jutaan orang yang kita targetkan di berbagai negara (tentunya sesuai dengan target yang kita pilih).

Dengan keadaan seperti itu, maka mendapatkan likers yang memiliki minat sesuai dengan topik blog kita semakin besar.

Jika biasanya kalian menunggu visitor datang ke blog kita, menbaca artikel terlebih dahulu, baru kemudian memutuskan untuk melike atau tidak, sedangkan jika menggunakan Facebook Ads, artikel kalian yang akan mencari orang-orang yang anda targetkan, peluangnya lebih besar untuk dilike.

Apa keuntungan menggunakan Facebook Ads?


Jika menggunakan Facebook Ads kalian dapat menentukan sendiri target kalian. Kalian bisa targetkan dengan menggunakan tools yang disediakan oleh Facebook Ads, antara lain :
  1. Umur, Kalian bisa targetnya dari umur berapa sampe umur berapa yang akan melihat postingan fans page kalian.
  2. Minat, Kalian bisa targetkan sesuai dengan minat orang-orang. Sesuaikan dengan topik pada blog kalian. Misalnya topik blog kalian tentang kesehatan, maka targetkanlah mereka yang memiliki minat pada dunia kesehatan.
  3. Pekerjaan, sama seperti point 2, targetkanlah kepada orang-orang yang bergelut dibidang kesehatan, seperti Dokter, Bidan, Perawat, Apoteker, Dllnya.
  4. Wilayah (Demografi), Kalian bisa tentukan daerah atau negara mana saja yang akan melihat postingan fans page kalian.
  5. Jangka Waktu Iklan, kalian bisa memilih sendiri berapa lama iklan kalian akan di promosikan oleh Facebook Ads.
Dari mana facebook melihat indikator target yang kalian pasang? Ya dari profile pengguna Facebook. Jika kalian lihat di profile facebook kalian pasti terdapat minat, lokasi kalian saat ini, pekerjaan kalian, umur kalian (berdasarkan tanggal lahir), dll.

Nah dari sanalah Facebook akan memfilter orang-orang. Jika pengguna Facebook dirasa memiliki kriteria yang sama dengan yang kalian targetkan, maka secara otomatis iklan kalian akan muncul di berada orang tersebut.

Dengan begitu, peluang memiliki traffic yang tinggi di blog kalian semakin besar.

Apa kekurangan menggunakan Facebook Ads?


Kekurangan menggunakan jasa Facebook Ads adalah karena harus bayar. Coba gratis pasti sangat menyenangkan bukan? hehehe

Ya kalau mau sukses jangan takut berinvestasi di Facebook Ads. Karena jika kalian mampu melihat peluangnya, saya yakin kalian pasti sukses.

Sama halnya dengan mereka yang berinvestasi di dunia saham, jika mereka mampu melihat peluang, pasti akan untung sahamnya. Jika tidak ya pasti rugi investasinya.

Pelajari dulu bagaimana cara menggunakan Facebook Ads, konten seperti apa yang perlu ditampilkan sebagai iklan di Facebook Ads agar mudah menarik orang yang melihat iklan kita. Jika sudah melakuka hal-hal tersebut, Saya yakin, kalian pasti sukses dengan Facebook Ads

Saya sendiri sudah beberapa kalia gagal menggunakan Facebook Ads, namun saya tidak menyerah. Saya melihat peluang yang sangat bagus di Facebook Ads, saya pelajari terus menerus dan mencoba terus, sampai akhirnya saya menikmati jerih payah saya.

Jadi apakah mempunyai likers yang banyak di Fans Page dapat menjamin penghasil yang tinggi di blog kalian? Ya kalian simpulkan sendiri ya, saya tadi cuma memberi gambaran dari pengalaman saya sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Privacy Policy Blogspot

Cara Memasang Google Analytic Blogspot